Mengenai Saya

Foto Saya
232 orang, dua program studi, berada dalam kesatuan keluarga jurusan kelautan

Kamis, 24 November 2011

INGAT!!!!

PERLENGKAPAN PRIBADI :
- alat sholat bagi yang muslim
- alat mandi
- kantong plastik
- sepatu warna hitam(diusahakan yang multifungsi)
- kaos kaki putih
- celana bahan hitam (untuk cowok)
- rok hitam panjang (untuk cewek)
- kemeja putih
- almamater
- topi undip
- celana training
- baju OR undip
- slayer
- senter
- spidol marker F yang permanent
- buku agenda
- alat tulis
- ponco
- pita warna merah,kuning,hijau minimal 5cm
- peniti sedang,tiap anak 5 buah


PERLENGKAPAN KELOMPOK
- lampu badai
- kayu bakar 1 ikat(12 buah)
- minyak tanah 1,5 L
- tikar/terpal 3 buah
- alat kebersihan (sapu lidi,sapu ijuk,ember,lap pel,karung,dsb)
- 1 rol pita warna biru tua
- madurasa 1 kotak
- gula merah 1 blok(yang besar)
- karung beras 2 buah(yang besar)
- cat minyak 2 kaleng(sesuai warna)

tiap kelompok bikin topi dan cocard sesuai warna kelompok masing-masing.
:) makasiih

NB: kalo ada yang kurang,tolong menambahkan!

INGAT!!tanggal 2 Desember kumpul di GSG jam 1..!!
hafalkan mars ATLANTIK.

Ayo ayo ayo kita pasti bisa!!

Maunya mikirin diri sendiri..

dibilang egois kalo mikirin diri sendiri..
"hei..bodo amat ya..hidup-hidup gue ngapain mikirin kepentingan lo ?!" nah ini lagi marah ato egois?
hahaha
2 orang aja udah pusing buat ga saling mementingkan diri sendiri, ya iyalah ..
nah ini 232 orang dari KELAUTAN 2011..wuihh gila..gimana hebohnya kalo egois semua??
yahh...tapi untungnya nih..angkatan 2011 udah dikurangin..(ga tau ya yang ini pada kemana) jadi 223 orang..

yah..mau gimana lagi mikirin masa depan itu penting banget...
tapi ya..jangan lupa yaa temen-temen..kita kan masuk bareng-bareng...
(trus?) ya belom tentu kita lulus bareng-bareng...
TAPI setidaknya..buat kegiatan angkatan ini kita bareng-barenglah selesainnya..
akan jadi terasa menyenangkan..kalopun menyedihkan itupun bareng-bareng..
saling mengingatkan...

TAPI beda kalo gini konsepnya..
cuma 1 orang atau beberapa orang yg mengerjakan tugas, nah pada waktu terakhir pengumpulan..cuma beberapa orang tadi yang selesai..
terus karena merasa GA ENAK sama temen-temen yang lain beberapa orang tadi ga numpuk tugasnya..GA EGOIS..padahal sebenernya tugas ini PENTING dan memang harus ditumpuk..beneran deh seriusan PENTING (ya udahh sihh) padahal semua juga tau itu. Kalo tau kenapa ga dikerjain? (males..*alesan klasik)
tapi tau ga..beberapa orang ini sampe nangis buat ga numpuk tugasnya, buat ga egois..
tapi di sisi lain..(nah mungkin..kita sering nih di sisi ini)
ini nih pemikiran mereka "kita kan harus kompak satu angkatan, mreka jangan egois lah...jangan cari aman"
heiii bukan ini yang dibilang kebersamaan kekompakan tapi mengorbankan yang "bener".
jadi yang penting kesadaran, belajar mengerti karena itu yang dibutuhkan untuk hidup..
jangan sampe salah kita menempatkan diri..meskipun waktu itu terus jalan, kesempatan masih bisa dateng 2x..tapi HIDUP itu cuman sekali. Jadi temen-temen 2011 berusahalah melakukan yang terbaik, kalo masih bisa disatukan..kenapa engga????

TAPI beda lagi kalo gini konsepnya
ada tugas nah seangkatan itu kompakan buat ga ngerjain...
NAH ini yang namanya KOMPAK meskipun itu salah..
hehehe


jadi nih pesan...
mungkin temen-temen ada nih yang bilang DILEMA KEEGOISAN..
nah SABAR aja kita PASTI bisa KOMPAK kok !!

Selasa, 15 November 2011

Panduan Berorganisasi

Salam semangat seasquad!

Guys, tak terasa kita sudah memasuki tahap dan jenjang baru dalam kehidupan, kita telah memasuki dunia mahasiswa. Tentunya kita semua setuju bahwa mahasiswa memiliki peranan penting dalam kehidupan bernegara. Masih ingat dengan peristiwa revolusioner yang dicetuskan oleh mahasiswa tahun ’98? Ya, tak salah bila mahasiswa disebut sebagai “agent of change”

Akan tetapi tidak semua mahasiswa dapat digolongkan ke dalam kategori “agent of change”, hanya yang berpikir kritis dan peduli terhadap kehidupan bangsa dan negara yang dapat beperan sebagai agent. Sikap kritis dapat ditimbulkan salah satunya dengan cara aktif berorganisasi. Dengan berorganisasi kita dapat mendengar tak hanya  pemikiran dan gagasan kita sendiri, melainkan bermacam-macam pemikiran dan gagasan dari orang lain, dari situlah timbul rasa ingin tahu, rasa ingin berdiskusi dan bertukar pendapat untuk meyatukan visi.

dan berikut adalah sedikit panduan dan petunjuk tentang berorganisasi

HUBUNGAN ANTAR MANUSIA
Berbicara mengenai organisasi tentu harus membicarakan juga tentang manajemen. Organisasi adalah satu bagian dari kegiatan dalam manajemen. Manajemen kaitannya erat sekali dengan hubungan antar manusia. Tugas dari manajemen adalah mengupayakan pekerjaan bersama banyak orang dengan hasil yang memuaskan. Bekerja dengan alat peralatan, mesin dan bahan apapun didalam sebuah organisasi hanya dapat terlaksana melalui orang. Berurusan dengan orang-orang, yang memiliki berbagai pengetahuan masing-masing, kekhasan dan adat istiadat adalah tugas utama dari manajemen.

Kontak pribadi
Kontak pribadi adalah kunci dari keberhasilan. Seorang pemimpin tidak dapat dijamin hasilnya apabila ia hanya memerintah dari belakang mejanya. Ia seyogianya turut terjun dilapangan.

Diperlukan ketegasan
Ketegasan diperlukan untuk menyelesaikan tugas dengan baik. Bertindaklah dengan simpati, penuh pengertian, namun jangan dilupakan bahwa kebaikan hati harus disokong oleh suatu ketegasan.

Penggunaan kata-kata
Hubungan yang sudah baik dapat retak disebabkan oleh beberapa kata yang berang. Orang kadang-kadang lupa mengerem lidahnya.

Kepercayaan
Orang selalu mempunyai masalah pribadi masing-masing. Janganlah menolak apabila mereka datang kepada anda untuk minta nasehat. Kedatangan mereka berarti bahwa mereka mempercayai dan menghormati anda. Persoalan pribadi sekecil apapun bagi mereka adalah penting, dan ini juga harus pula penting bagi anda.

Sentuhan hati
Seseorang akan tergetar hatinya, padahal ia hanya mendapat sebuah sentuhan yang demikian kecilnya. Ia akan mengingatnya berhari-hari lamanya. Ia akan memperlihatkan perbedaan besar yang positip dalam kehidupan sehari-harinya disebabkan oleh sentuhan-sentuhan kecil tadi. Pada umumnya hubungan baik antar sesama manusia tidak memerlukan banyak upaya. Namun betapa seringnya, pemimpin yang telah berpengalaman dan pandai dalam hal-hal lain, sama sekali mengabaikan cara pendekatan demikian

Penting dan berguna
Seseorang ingin dianggap penting dan berguna bagi organisasi nya. Semakin besar organisasinya dan semakin banyak pengetrapan automatisasi, maka semakin banyak pula diperlukan perlakukan khusus kepada orang-orang yang bekerja didalamnya.

Nama.
Nama merupakan kata yang terpenting bagi seseorang. Berusaha lah untuk mengingat dan menyebut namanya apabila menyapa untuk menghindari kekecewaan anggota. Sebaliknya apabila memanggil seseorang yang tidak banyak berhubungan dengan anda dengan namanya, akan memberikan dampak yang sangat baik.

Penghargaan
Jangan segan mengutarakan sepatah kata penghargaan kepada seseorang demi meningkatnya semangat dan prestasi kerja orang tersebut. Setiap orang ingin dihargai. Pujian adalah alat manajemen yang terindah, termurah dan barangkali terbaik.

Pembinaan disiplin.
Memikirkan dan mengatur kesejahteraan anggota mengakibatkan tumbuhnya disiplin dikalangan anggota. Apabila hal ini dikerjakan dengan baik, niscaya anggota akan melakukan segala sesuatu yang mungkin demi kesetiaan kepada anda dan organisasi

Jabatan tinggi terbatas jumlahnya.
Kebanyakan dari kita harus menjalani hidup hanya sebagai orang nomor dua atau tiga atau sebagai rendahan. Namun banyak orang tidak dapat menerima keadaan tersebut. Mereka menjadi kecewa dan tidak puas selanjutnya frustrasi. Mencapai puncak bukan segala-galanya dalam hidup. Barangkali kita memiliki beberapa hal yang orang-orang diatas tadi bersedia membayar tinggi untuk memilikinya, yang benar-benar
sama pentingnya seperti jabatan tinggi yang dipegang mereka. Oleh karena itu janganlah merasa terlalu terganggu apabila tidak mendapatkan jabatan tertinggi.

Janji-janji
Jangan sekali-kali menjanjikan sesuatu yang tidak dapat anda penuhi, karena sesuatu janji mengenai prospek masa depan seseorang adalah hal yang serius dan benar-benar akan diingat bertahun-tahun
.
Hubungan yang manis dan bermadu
Hubungan antar manusia tidak senantiasa semua manis dan bermadu. Ada saatnya kita sungguh-sungguh harus tegas dan ada saatnya dimana mengadakan pendekatan ramah. Orang-orang yang memang kurang potensial harus diberhentikan.

Mengembangkan anggota
Tugas utama seorang Pimpinan adalah mengembangkan dan membantu anggotanya. Apabila ini berhasil maka tugas-tugasnya akan berhasil lebih baik, dan ia mempunyai anggota-anggota yang trampil dan terlatih baik.

Bayangkan anda jadi orang lain.
Anda akan memberikan keputusan yang melibatkan orang lain. Sebelum itu dilaksanakan bayangkan dulu diri anda jadi orang lain. Bayangkan dampak keputusan anda dilihat dari segi orang lain itu. Pertimbangkanlah semua seginya dan janganlah bertindak terburu nafsu. Dengan cara ini anda akan sampai pada keputusan yang tepat. Adanya bawahan yang bertipe "asal bapak senang" merupakan bahaya bagi seorang pemimpin. Pemimpin memerlukan staf yang mampu mengemukakan pendapat-pendapat yang berbeda. Ia harus secepat mungkin mengenali si-pengekor dan si-penjilat. Seseorang pimpinan yang sibuk mudah menarik kesimpulan-kesimpulan yang keliru. Staf yang dapat berpikir mandiri dapat memperbaiki kesalahan-kesalahannya.


TEKNIK BERORGANISASI.

Menjalankan sebuah organisasi berapapun besarnya tak pernah akan dapat terlaksana dengan baik hanya dengan satu orang. Hal ini hanya dapat diselenggarakan dengan efisien oleh sebuah tim, yang terdiri dari orang-orang yang bertindak bersamasama.

Organisasi adalah suatu wadah formil dimana sejumlah orang bekerja sama untuk mencapai maksud yang sama. Manfaat berorganisasi adalah untuk :

a. Mengadakan kerja sama. Dapat dicapai sesuatu yang tidak dapat dilaksanakan secara sendiri-sendiri.
b. Hubungan antar manusia. Saling isi mengisi, tambah pengetahuan dan pengalaman serta meluaskan                   pandangan.
c. Menimbulkan rasa kebersamaan dan persatuan.
d. Mendorong orang untuk berpartisipasi dalam pengembangan kemampuan sendiri maupun masyarakat             umum.

Perbedaan antara maksud dan tujuan dalam organisasi.
Maksud adalah arah yang luas sesuatu proyek. Arah yang luas ini dapat dicapai melalui beberapa tujuan khusus.
Tujuan menjelaskan secara terperinci perihal proyek tersebut, yakni :
a. untuk siapa
b. oleh siapa
c. lamanya
d. dimana
e. apa yang ingin dihasilkan

sumber: PETUNJUK BERORGANISASI
Oleh : Barata – YBØAY

Just a little motivation for us

sedikit info, supaya jadi motivasi yaa... :D Cerita mahasiswa Indonesia di Aussie.

Suatu pagi, kami menjemput seseorang klien di bandara. Orang itu sudah tua, kisaran 60 tahun. Si bapak adalah pengusaha asal Singapura, dengan logat bicara gaya melayu dan english, beliau menceritakan pengalaman-pengalaman hidupnya kepada kami yang masih muda. Beliau berkata, 
"Your country is so rich!" Ah, biasa banget denger kata-kata itu. Tapi tunggu dulu.
"Indonesia doesn't need the world, but the world needs Indonesia," lanjutnya. "Everything can be found here in Indonesia. You don't need the world."

Mudah saja, Indonesia paru-paru dunia. Tebang saja hutan di Kalimantan, dunia pasti kiamat. Dunia yang butuh Indonesia!

"Singapura is nothing, we can't be rich without Indonesia." "500.000 orang Indonesia berlibur ke Singapura tiap bulan. Bisa terbayang uang yang masuk ke kami, apartemen-apartemen terbaru kami yang beli orang- orang Indonesia, tidak peduli harganya selangit, tetapi laku keras. Lihatlah rumah sakit kami, orang Indonesia semua yang berobat. Lalu, kalian tahu bagaimana kalapnya pemerintah kami ketika asap hutan Indonesia masuk? Ya, benar-benar panik. Sangat terasa, we are nothing. Kalian tahu kan kalo Agustus kemarin dunia krisis beras, termasuk di Singapura dan Malaysia? Kalian di Indonesia dengan mudah mendapatkan beras. Lihatlah negara kalian, air bersih di mana-mana, lihatlah negara kami, air bersih pun kami beli dari Malaysia. Saya ke Kalimantan pun dalam rangka bisnis, karena pasirnya mengandung permata. Terlihat glitter saat matahari bersinar. Penambang menjual hanya Rp 3000/ kg, untuk kemudian dijual ke pabrik china. Si pabrik menjual kembali seharga Rp 30.000/kg. Saya lihat ini sebagai peluang. Kalian sadar tidak kalau negara- negara lain selalu takut meng- embargo Indonesia? Ya, karena negara kalian memiliki segalanya. Mereka takut kalau kalian menjadi mandiri, oleh sebab itu tidak diembargo. Harusnya KALIANLAH YG MENG- EMBARGO DIRI KALIAN SENDIRI! Belilah pangan dari petani-petani kita sendiri, belilah tekstil garmen dari pabrik-pabrik sendiri. Tidak perlu impor klo bisa memproduksi sendiri. Jika kalian bisa mandiri, bisa MENG-EMBARGO DIRI SENDIRI, INDONESIA WILL RULE THE WORLD!!"

#at Perth Domestic Airport.

Selasa, 25 Oktober 2011

Tentang Jurusan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro

Jurusan Ilmu kelautan Undip
Jurusan Ilmu kelautan (JIK) Undip adalah unsur pelaksana pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip yang bertugas melaksanakan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu kelautan.
Berdirinya JIK Undip diawali dari terbentuknya Program Studi Ilmu dan Teknologi Kelautan PS ITK di Undip (Surat Edaran Dirjen Dikti Depdikbud RI No. 1023/D/Q/1985, tanggal 6 Juni 1985), bersama-sama dengan 5 (lima) universitas lain, yaitu Universitas Riau, Institut Pertanian Bogor, Universitas Hasanuddin, Universitas Samratulangi dan Universitas Patimura.
Selanjutnya, PS ITK Undip berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 54/Dikti/Kep./1987 dibawah pengelolaan Badan Pengelola Program Studi Ilmu Kelautan dan pembinaan Fakultas Peternakan. Kemudian PS ITK berubah menjadi Program Studi Ilmu Kelautan (PS IK) berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 24/Dikti/Kep./1988. Pada Tahun 1994, Program Studi Ilmu Kelautan (PS IK) berkembang menjadi Jurusan Ilmu Kelautan, dibawah naungan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, bersama-sama Jurusan Perikanan yang dipindahkan dari Fakultas Peternakan, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0181/O/1994, tanggal 25 Juli 1994. Jurusan Ilmu Kelautan sendiri selanjutnya diresmikan berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 195/Dikti/Kep./1995. JIK Undip terbentuk awalnya dengan 1 (satu) program studi ilmu kelautan kemudian pada tahun 2001 bertambah satu program studi baru, yaitu Program Studi Oseanografi.
Visi JIK Undip
Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam bidang Ilmu Kelautan Menjadi program studi penyelenggara pendidikan tinggi yang unggul bercirikan Konservasi Lingkungan dan Sumberdaya Laut serta Bioteknologi Kelautan di tingkat Asia-Pasifik pada tahun 2020.
Misi JIK Undip
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam bidang Ilmu Kelautan
  2. Melaksanakan penelitian dan publikasi ilmiah yang professional sebagai sumbangan terhadap perkembangan Ilmu Kelautan, baik oleh dosen maupun mahasiswa,
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan IPTEKS Kelautan,
  4. Menghasilkan tenaga sarjana yang berkualitas dalam memenuhi kebutuhan pasar yang berdasarkan permasalahan dan kebutuhan dalam perkembangan pemanfaatan sumberdaya kelautan yang berorientasi pada konservasi dan bioteknologi Kelautan,
  5. Melakukan evaluasi secara regular untuk meningkatkan kualitas, otonomi, akuntabilitas dan akreditasi program studi.